Pendidikan

Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya Luncurkan Aplikasi Nugie

Minggu, 03 Januari 2021 - 20:25
Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya Luncurkan Aplikasi Nugie Ilustrasi - Aplikasi Nugie (FOTO: prasetya.ub.ac.id)

TIMES NATUNA, MALANG – MALANG- Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya (PSP UB) meluncurkan purwarupa aplikasi berbasis android dengan nama Nugie, singkatan Nusantara Guide, Minggu (3/1/2021).

Aplikasi ini diluncurkan setelah riset selama tiga tahun (2017-2020) yang dilakukan PSP UB.

"Aplikasi ini bertujuan untuk menyediakan platform informasi dan navigasi digital tentang cagar-cagar budaya di Indonesia, khususnya Indonesian Cultural Heritage," kata Ketua Tim Riset sekaligus Ketua Pusat Studi Peradaban UB Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H, M.Hum.

Selain itu. aplikasi ini juga menghubungkan para pemilik jasa tour guide, tour and travel, dan homestay (Community Based Tourism) dalam satu platform aplikasi di gawai ponsel pengguna.

Sementara teknologi yang dikembangkan dalam aplikasi ini antara lain, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), 360° Camera, Drone, Photogrammetry, Geo-Location dan Simultaneous Localization and Mapping atau SLAM.

"Tampilan antarmuka aplikasi ini berupa navigasi digital 3D yang interaktif. Sehingga dapat menjadi penunjuk arah, dan menampilkan informasi sebuah situs sejarah yang sedang dikunjungi oleh pengguna secara simultan," ujar Prof Fadli.

Uji coba lapangan aplikasi ini telah dilakukan di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo.

Hasilnya, aplikasi ini berhasil menjadi pemandu digital yang bisa mengarahkan pengguna menjelajah benda-benda koleksi utama dalam museum tersebut secara simultan. Dokumentasi uji coba ini bisa dilihat lebih jelas di website Pusat Studi Peradaban

Prof Fadli menjelaskan, aplikasi Nugie ini masih berupa purwarupa, sehingga penelitian dan perancangan masih harus terus dilakukan kedepan.

"Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan agar aplikasi dapat semakin baik dan bermanfaat," ujarnya.

Untuk diketahui, Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya (PSP UB) adalah lembaga dibawah naungan LPPM Universitas Brawijaya. Lembaga ini didirikan untuk terus mengingatkan kesadaran akan kebesaraan sejarah Nusantara, nilai-nilai luhur yang dianut, dan kekayaan alam Indonesia yang melimpah.

"Nilai-nilai luhur warisan leluhur tersebut akan kami gali dan akan kami aktualkan untuk merajut kembali peran sejarah masa kini dan masa depan. Pusat Studi Peradaban memiliki visi yaitu 'Membangun Peradaban Nusantara yang Humanis pada Tahun 2090 M'. Sejalan dengan visi tersebut, Pusat Studi Peradaban bergerak untuk menjadi lembaga pemrakarsa untuk melakukan kajian, penelitian, eksplorasi kebudayaan dan peradaban di nusantara ini," ungkap Prof Fadli usai peluncuran aplikasi Nugie. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Natuna just now

Welcome to TIMES Natuna

TIMES Natuna is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.