Berita

Lifter Indonesia Windy Cantika Lolos ke Olimpiade Tokyo

Minggu, 18 April 2021 - 18:23
Lifter Indonesia Windy Cantika Lolos ke Olimpiade Tokyo Atlet angkat besi Indonesia Windy Cantika Aisah dalam pertandingan Angkat Besi 49Kg Wanita kategori Snatch SEA Games ke-30 di Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina pada tahun 2019 lalu. (FOTO: ANTARAFOTO/Nyoman Budhiana)

TIMES NATUNA, JAKARTA – Lifter Indonesia Windy Cantika Aisah dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo. Kepastian itu diperoleh setelah ia berhasil meraih medali perunggu pada Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021 yang digelar di Uzbekistan, Sabtu (17/4/2021) waktu setempat.

Pada kejuaraan yang merupakan babak kualifikasi Olimpiade tersebut, Windy Cantika tampil di kelas 49kg. Ia berhasil menempati peringkat ketiga untuk kategori snatch dengan 87kg.

Sedangkan pada kategori clean and jerk, Windy berada pada posisi keempat dengan 102kg. Demikian pula dengan total angkatan, Windy Cantika berada di posisi keempat dengan 189kg.

Peraih emas dan perak untuk kategori angkatan tersebut diraih oleh dua lifter China, yakni Hou Zhihui dan Jiang Huihua.

Hasil yang diraih Windy dinilai manajer tim angkat besi Indonesia, Pura Darmawan berujar, sudah optimal. Apalagi Windy yang berusia 18 tahun baru  pertama kali tampil pada kejuaraan senior.

Windy juga dinilai berhasil membuktikan diri mampu bersaing dengan para lifter lain yang rata-rata berusia di atasnya.

"Ini sudah optimal. Kejuaraan ini boleh dibilang mini Olimpiade, hanya lifter Amerika Serikat dan Rusia saja yang tidak hadir," kata Pura dikutip dari Antara, Minggu (18/4/2021).

Hasil yang telah diraih Windy tersebut diprakirakan membawa naiknya ranking federasi angkat besi dunia IWF. Windy diprediksi akan naik ke posisi lima dari sebelumnya di posisi tujuh, sehingga ia berada dalam posisi aman untuk tampil di Olimpiade Tokyo.

Windy Cantika juga berpeluang tampil pada Kejuaraan Dunia Junior yang akan digelar di Tashkent pada akhir Mei 2021. Penampilan di kejuaraan junior dapat mendongkrak perolehan poinnya sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo.

"Paling tidak, kami sudah punya gambaran apakah ia (Windy Cantika) tetap ditampilkan pada Kejuaraan Dunia Junior di Tashkent pada akhir Mei atau tidak untuk lebih mengamankan tiket Olimpiadenya. Yang jelas, dengan hasil ini tiket untuk Olimpiade Tokyo sudah aman," kata Pura Darmawan, Manajer tim angkat besi Indonesia. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Natuna just now

Welcome to TIMES Natuna

TIMES Natuna is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.