https://natuna.times.co.id/
Berita

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri PUPR RI: Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Senin, 29 April 2024 - 15:39
Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri PUPR RI: Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri Puncak Hari Air Dunia ke-32 Tahun 2024, Senin (29/04/2024), di Auditorium Kementerian PUPR RI. (FOTO: ANTARA/Shofi Ayudiana)

TIMES NATUNA, JAKARTAMenteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menghadiri acara puncak peringatan Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA), Senin (29/04/2024), di Auditorium Kementerian PUPR RI.

Peringatan HAD ke-32 mengusung tema “Water for Peace”, sesuai dengan yang ditetapkan oleh UN Water PBB. Tema ini berfokus mengenai bagaimana air dapat menciptakan perdamaian bagi masyarakat, tetapi juga dapat memicu konflik apabila ada kesenjangan dalam ketersediaan air. Sehingga, melalui HAD diharapkan adanya peningkatan pengelolaan air secara berkelanjutan demi kedamaian bersama.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR RI telah melaksanakan serangkaian kegiatan dan aksi nyata dalam memperingati HAD. Namun, Menteri PUPR RI mengajak seluruh pihak untuk melanjutkan dan mengimplementasikan beberapa hal.

Puncak-Hari-Air-Dunia-2.jpg

“Pertama, implementasi program pemulihan ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti Citarum Harum di seluruh sungai yang ada di Pulau Jawa. Karena Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia. Kedua, saya ingin mengajak kita semua meningkatkan kemampuan mengelola air (water management) di Indonesia. BMKG kita sudah bisa memprediksi dengan tepat, sehingga harus kita manfaatkan untuk mempersiapkan apa yang harus kita lakukan dalam pengelolaan sumber daya air di musim penghujan dan kemarau,” tambah Menteri PUPR RI.

Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR RI Bob Arthur Lombogia menerangkan, upaya peringatan HAD ke-32 Tahun 2024 juga dilakukan oleh BBWS/BWS di seluruh Indonesia. Serangkaian kegiatan tersebut juga sebagai upaya menyambut World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

“Serangkaian kegiatan yang telah dilakukan meliputi SDA Goes to School dan kuliah umum yang dilakukan serentak oleh masing-masing BBWS/BWS di seluruh Indonesia, serta penanaman pohon produktif dengan total 17.419 pohon. Dilakukan pula lomba Karya Ilmiah Bidang SDA bagi pelajar SMA sederajat dengan total 1.044 makalah yang terkumpul. Lalu, lomba Tiktok yang mengangkat tema “Air untuk Dunia” dengan 525 peserta. Serta kegiatan Jelajah Kampus PUPR dengan Sahabat Air di Kampus PUPR,” jelas Dirjen Bob.

Menteri PUPR RI berterimakasih kepada seluruh insan PUPR dan panitia yang telah berpartisipasi dalam peringatan HAD ke-32 Tahun 2024. Termasuk, BBWS/ BWS di seluruh Indonesia yang juga tergabung pada kegiatan ini secara virtual.

“Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan peringatan HAD ke-32. Saya kira, untuk kegiatan Goes to Campus dan penanaman pohon dapat dilaksanakan dan ditindaklanjuti secara intensif. Tidak hanya untuk memperingati HAD, tetapi juga untuk memperingati Hari Bakti PUPR. Sehingga 2 kali dalam setahun,” pesan Menteri PUPR RI.

Dalam Puncak HAD ke-32 ini, dilakukan pula Pengukuhan Anggota Dewan SDA Nasional dari unsur Non Pemerintah, Periode Tahun 2024 – 2029, serta Pengukuhan Himpunan Profesional Pengelola Sumber Daya Air (Himpesda). Akan ditetapkan pula pemenang dari 5 Finalis Lomba Karya Ilmiah Bidang SDA dengan tema “Air Untuk Kemakmuran Bersama” Tingkat SMA/SMK secara nasional. Dan juga, Penyampaian hasil Konsultasi Pemangku Kebijakan dan Pemilik Kepentingan pada acara Forum Air Indonesia ke-5 oleh Kemitraan Air Indonesia.

Puncak-Hari-Air-Dunia-3.jpg

“Selamat atas pengukuhan Dewan SDA Nasional dan Himpesda, semoga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik serta memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya saya juga berterimakasih kepada anak-anak yang telah berkontribusi pada penulisan karya ilmiah. Saya harap kedepannya terus berupaya menginspirasi kami sehingga karya tulisnya dapat kami laksanakan di lapangan,” harap Menteri PUPR RI.

Selaian Menteri PUPR RI, turut hadir dalam kegiatan ini, para pimpinan tinggi Madya dan Pratama di Kementerian PUPR RI, Para Pimpinan BUMN Karya, stakeholder terkait, serta akademisi. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Natuna just now

Welcome to TIMES Natuna

TIMES Natuna is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.